No Image Available

Dasar – Dasar Demografi Sosial

 Author: Suryadi  Publisher: PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa  Published: March 17, 2024  ISBN: 978-623-09-9285-8  Pages: 195  Country: Indonesia  Language: Bahasa Indonesia  Download
 Description:

Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang bagaimana struktur dan proses sosial mempengaruhi populasi dan bagaimana perubahan demografis mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sosial.

Melalui pembahasan yang mendalam di setiap bab, buku ini menjelajahi definisi, ruang lingkup, sejarah, dan perkembangan demografi sosial; struktur penduduk; proses demografi; teori dan model demografis; metodologi penelitian dalam demografi sosial; serta isu-isu kontemporer yang dihadapi dalam era Masyarakat 5.0. Kami menyajikan analisis dan diskusi yang mendalam tentang komponen-komponen utama demografi sosial, seperti kelahiran dan fertilitas, kematian dan mortalitas, serta migrasi, sambil juga mengeksplorasi tantangan dan peluang yang dihadapi oleh masyarakat dalam konteks perubahan demografis.

Buku ini dimaksudkan untuk menjadi sumber daya yang berharga bagi mahasiswa, peneliti, dan siapa saja yang tertarik untuk memahami dinamika penduduk dan implikasinya terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Melalui pendekatan interdisipliner, kami berusaha mengaitkan demografi sosial dengan bidang-bidang lain seperti ekonomi, sosiologi, dan ilmu politik, menyoroti betapa pentingnya memahami perubahan populasi dalam merumuskan kebijakan publik, strategi pembangunan, dan intervensi sosial.

Pada akhirnya, “Dasar-Dasar Demografi Sosial” bertujuan untuk menyediakan pemahaman yang luas dan mendalam tentang bagaimana populasi dan struktur sosial saling mempengaruhi dalam konteks dinamika masyarakat yang berubah. Kami berharap bahwa buku ini tidak hanya memperkaya pengetahuan Anda tentang demografi sosial tetapi juga menginspirasi pembaca untuk berkontribusi terhadap pembangunan masyarakat yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan responsif terhadap tantangan demografis masa kini dan masa depan.

 


 Back